Selasa, 04 November 2014

Jenis cat mobil



Jenis cat mobil untuk finishing.


 Untuk finishing dalam konteks pengecatan mobil yaitu pada tahap akhir ada 3 jenis cat dalam bentuk transparan/bening, yaitu:
 1 cat nc/duco. Cat ini dibuat dari bahan resin alkyd dari type short oil alkyd yg dikombinasikan dengan resin nc/nitrocellulose. Cat ini kering diudara terbuka. Kelebihan cat ini mudah diaplikasikan dlm proses pengecatan mobil/motor. Cat ini sering kita jumpai dalam bentuk cat spray. Thinner yg digunakan utk cat ini adalah thinner yg mengandung solvent ketone seperti methyl ethyl ketone, umumnya dikenal sbg thinner A, thinner A special. Kekurangan cat ini adalah daya kilapnya mudah turun/tidak tahan lama, kurang keras dan tidak tahan solvent. 

2 cat acrylic, cat ini lebih bagus dibandingkan dengan cat nc/duco. Kelebihan cat ini kilapnya tahan lama bisa kering udara. Cat ini dalam jangka panjang tidak berubah warna sehingga cat dibawahnya/cat berwarna sebelumnya jika ditimpa dg cat ini(cat acrulic clear gloss) tidak berubah warnanya.

 3 cat polyurethane, cat ini saat ini adalah jenis cat yg sangat umum dipakai oleh bengkel mobil maupun produsen mobil sebagai cat yg paling akhir pada proses pengecatan mobil/motor. Kenapa cat ini begitu populer?????. Karena cat jenis ini mempunyai kelebihan dibanding kedua cat sebelumnya yaitu cat ini kilapnya paling kilap, umur kilapnya sangat lama, disamping itu cat polyurethane ini hasil pengecatannya sangat keras sehingga tidak mudah tergores. Cat plyurethane (pu) ini dalam proses pengerjaannya memerlukan oven karena untuk membentuk lapisan kering pada body mobil memerlukan panas agar cepat bereaksi, karena cat ini hasil akhirnya merupakan reaksi antara kedua B/mponennya yaitu partA = polyurethane dg part B/hardenernya=isocyanate. 

Semoga tulisan ini bermanfaat




1 komentar:

  1. Bisakah cat alkyd diaplikasikan diatas permukaan plat besi yg sudah dicat dg cat polyurethane?

    BalasHapus